Sabtu, 03 Desember 2011

DASAR-DASAR PEMROSESAN KOMPUTER

PENYIMPANAN SEKUNDER
v  Pita Magnetik : Reel Tape dan Tape Cartridge
v  Hard Disk : Removable dan Non removable
v  Floppy Disk
v  Piringan Optik : CD, DVD
v  USB Flash Disk
v  Smart Card
v  Kartu memori
  • Bentuk Penyimpanan Sekunder :
v        RAM (Random Access Memory), jenis penyimpanan primer yang mudah hilang (volatile) karena data akan hilang jika listrik padam.
v     ROM (Read Only Memory), jenis penyimpanan sekunder yang bersifat non-volatile karena data disimpan secara permanent dan jika listrik padam data tidak akan hilang.
v    Cache Memory, merupakan RAM khusus yang bekerja sangat cepat dan digunakan untuk membantu RAM biasa dalam proses data.
2.2. SOFTWARE
Komputer hanya merespon kepada machine language (bahasa mesin), yaitu rangkaian angka nol dan satu yang digunakan komputer untuk menampilkan data dan instruksi. Binary coding system (sistem kode biner) ini disesuaikan dengan sifat elektronik komputer, sehingga angka satu dapat mewakili tombol elektronik yang on, dan angka nol dapat mewakili tombol yang off.
2.2.1.SISTEM OPERASI
Perangkat lunak yang melaksanakan tugas-tugas dasar tertentu yang diperlukan semua pemakai komputer. Ada tiga jenis dasar perangkat lunak sistem :
·        Sistem Operasi, berfungsi sebagai interface antara pemakai, perangkat lunak yang memproses data perusahaan dan perangkat keras. Contoh : Windows XP, DOS, UNIX.
      Ada enam fungsi dasar sistem operasi :
1. Menjadwalkan Tugas
2. Mengelola sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak
3. Menjaga keamanan sistem
4. Memungkinkan pembagian sumber daya untuk beberapa pemakai
5. Menangani Interrupt
6. Menyiapkan catatan pemakaian
·         Program Utility, suatu routine yang memungkinkan pemakai untuk melaksanakan operasi pemrosesan data dasar tertentu yang tidak unik pada satu aplikasi pemakai tertentu.
·         Penerjemah Bahasa Komputer
·         Bahasa Generasi Pertama, Bahasa Mesin (machine language)
·         Bahasa Generasi Kedua, Assembler
·         Bahasa Generasi Ketiga, Compiler dan Interpreter
·       Bahasa Generasi Keempat, Bahasa Alamiah 4GL, memungkinkan programmer atau pemakai menginstruksikan komputer apa dan bagaimana operasi tersebut dilakukan. Di Bawah ini yang termasuk kedalam generasi bahasa keempat :
-          Database Query Language
-          Modelling Language, khusus dirancang untuk pembuatan model matematika. Contoh : GPSS
-          Very High Level Language : PASCAL, APL
-          Graph Generators : paket grafik
-          Report Writer : COBOL, RPG
-          Aplication Generators : program aplikasi pembayaran gaji
2.2.2. APLIKASI
Jenis dasar kedua dari software tertulis adalah software aplikasi yang memproses data perusahaan. Tiga katagori dasar telah muncul, yaitu :
  •   PAKET ACCOUNTING
Paket accounting memungkin perusahaan untuk melakukan komputerisasi sistem accountingnya. Beberapa paket melakukan pemrosesan seluruh sistem, sedangkan beberapa yang lain digunakan untuk pemrosesan subsistem tertentu, seperti penggajian, inventarisasi, dan buku besar umum. Software ini ada dalam berbagai jenis, khususnya untuk mikrokomputer.
  • PAKET INDUSTRI
Software tertulis juga telah dibuat untuk memenuhi kebutuhan, seperti industri peternakan dan pertanian, real estate, bisnis eceran, manufaktur, angkutan, dan perawatan kesehatan. Banyak dari paket industri yang hanya disesuaikan dengan prosedur accounting standart terhadap perusahaan. Namun demikian, beberapa diantaranya menyertakan program yang digunakan oleh manajer untuk pemecahan masalah. Program industri yang mempunyai kemampuan untuk pemecahan masalah adalah contoh dari subsistem MIS dan DSS dari CBIS.
  • PAKET PENUNJANG KEPUTUSAN
Kategori ketiga dari software aplikasi menyertakan paket penunjang keputusan. Ada dua jenis dasar dari paket ini, yaitu paket statistik dan paket memungkinkan manajer dapat menjalankan fungsi manajerial dasar.
Paket statistik menganalisis volume data yang besar dan menghitung statistik dasar, seperti mean aritmatika dan deviasi standart. Ia juga menggunakan pengujian (test), seperti test t dannn square chi untuk menentukan tingkat kesamaan antara berbagai rangkaian bilangan. Rountine yang lebih canggih digunakan untuk menampilkan atau memodel data dalam berbagai dimensi.
Dukungan untuk fungsi manajemen, komputer selalu melakukan fungsi terbaiknya dalam perencanaan dan pengontrolan. Ada banyak forecasting package (paket untuk meramal) yang memungkinkan manajer untuk merencanakan masa depan. Katagori lain dalam perencanaan software menyertakan project management package (paket manajemen proyek) yang memberi kemampuan manajer untuk merencanakan proyek, seperti konstruksi fasilitas baru, pengenalan terhadap produk baru, dan akuisisi komputer. Contoh yang paling tepat untuk software control adalah paket yang menghasilkan dan mengelola operating budget (anggaran operasi). Kebanyakan perusahaan mempunyai anggaran yang disiapkan tiap tahun untuk mengontrol pengeluaran. Manajer menerima laporan berkala tiap bulan yang berisi perbandingan biaya yang telah dikeluarkan dengan anggaran.
  
2.3. PERANAN PERALATAN INPUT-OUTPUT SERTA SOFTWARE DALAM PEMECAHAN MASALAH
Keseluruhan komponen perangkat input, output dan software dapat berperan langsung maupun tidak langsung dalam pemecahan masalah. Semuanya saling behubungan dan mendukung kegiatan satu dengan yang lainnya. Perangkat input dan output berperan dalam proses penyelesaian masalah dalam hal perangkat keras, sedangkan perangkat lunak, baik sistem maupun aplikasi membantu para manajer untuk meningkatkan produktivitas organisasi dan perorangan, dengan menyederhanakan penciptaan dan transmisi data. Beberapa paket industri mempunyai kemampuan di atas pemrosesan data. Mereka dapat menghasilkan informasi dalam berbagai bentuk dan beberapa diantaranya mempunyai kemampuan untuk membuat model. Paket ini, ditambah dengan paket penunjang keputusan, memberikan dukungan pemecahan langsung kepada manajer. 
 
Sistem Informasi Manajemen, Seri Diktat Kuliah, E.S. Margianti & D. Suryadi H.S.  cetakan kedua, Mei 1995
dharmayanti.staff.gunadarma.ac.id/
http://anisyahputri.blogspot.com/2010/11/v-behaviorurldefaultvml-o.html
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar